Tuesday, May 2, 2017

7 Smartphone Dengan Kamera Terbaik 2017

Memilih smartphone tidak akan pernah mudah, terkadang tidak ada satupun ponsel yang benar-benar sesuai kemauan. Beberapa pabrikan sebenarnya sudah mendesain ponsel hingga sedemikian rupa agar nyaman di tangan, meski masih ada beberapa kekurangan. Bagi yang punya hobi mengambil gambar dengan hape, kamera menjadi fitur utama yang wajib dipenuhi. Kamera yang handal seakan menjadi sebuah keharusan dalam memilah dan memilih ponsel di pasaran.
Kamera yang tertanam pada smartphone punya sejarah cukup panjang. Kamera pada ponsel seolah jadi sebuah kesatuan mulai dari dekade yang lalu. Teknologi baru sangat diperlukan guna menghasilkan gambar kualitas tinggi. Paling tidak, kamera saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi semacam Optical Zoom, Bright Lens, sensor besar, dan Optical Image Stabilization (OIS). Teknologi semacam ini punya andil dalam menciptakan gambar yang tajam dengan efek dramatis.
Bahkan, kemampuan ponsel dalam mengambil gambar kerap ditonjolkan sebagai daya tarik agar bisa memikat konsumen. Saat ini, ‘raw’ merupakan teknologi tertinggi dalam proses pengambilan gambar dan jadi fitur unggulan. Teknologi ini telah diadopsi oleh pabrikan smartphone unggulan macam Apple dan Samsung. Tentunya, semakin baru tipe handphone, maka teknologi kamera semakin mumpuni. Berikut beberapa smartphone dengan kamera terbaik yang bisa menjadi referensi.

1. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge


Bisa dibilang, duo Samsung Galaxy S7 and S7 Edge merupakan smartphone dengan kamera terbaik yang saat ini beredar di pasaran. Duo flagship jagoan Samsung ini dibekali dengan kamera belakang sebesar 12 MP. Ada beberapa kelebihan dari kamera Samsung Galaxy S7 and S7 Edge, terutama saat mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya. Dalam hal ini, duo flagship Samsung tersebut masih unggul dibanding para kompetitornya.
Kamera dari Samsung Galaxy S7 and S7 Edge sudah dilengkapi dengan beberapa teknologi baru seperti LED flash, autofocus yang cepat, Phase Detection, Optical Image Stabilization, dan sensor hingga f/1.7. Dengan kemampuan yang serba canggih ini membuat lini Samsung Galaxy S7 and S7 Edge menjadi ponsel yang sangat luar biasa. Harga mahal yang ditetapkan oleh Samsung akan sebanding dengan fitur yang didapat, terutama mengenai kameranya.

2.  Sony Xperia XZ


Ketika berbicara tentang kamera, akan terasa kurang tanpa menyinggung Sony. Perusahaan ini sudah lama berkecimpung dalam urusan kamera, terutama ketika era dimana kamera pocket berjaya. Khusus untuk kamera smartphone, Sony juga tak mau ketinggalan. Xperia adalah lini ponsel tersukses yang dipunya oleh Sony. Maka sudah selayaknya jika teknologi baru dalam kamera disematkan pada lini Xperia, terkhusus untuk ponsel Sony Xperia XZ.
Ada banyak keunggulan dari kamera Sony Xperia XZ, terutama dari kamera belakang sebesar 23 MP dan kamera depan 13 MP. Beberapa teknologi lain yang disematkan dalam kamera Sony Xperia XZ yaitu Electronic Image Stabilization (EIS), Laser Autofocus, Phase Detection, ddan LED Flash. Dengan berbagai kemampuan tersebut, kamera Sony Xperia XZ layak diunggulkan sebagai salah satu yang terbaik yang sudah beredar di pasaran internasional.

3.  iPhone 7 dan 7 Plus


Meski tidak punya sejarah panjang dalam dunia kamera, nyatanya Apple bisa menghadirkan kamera terbaik pada tiap lini iPhone buatannya. Cara yang digunakan Apple sedikit berbeda dari kebanyakan pabrikan ponsel lain. Jika kebanyakan vendor menyisipkan kamera tunggal pada tiap smartphone buatannya, maka Apple menerapkan kamera belakang ganda pada iPhone 7 dan 7 Plus. Tiap kamera memiliki besaran 12 MP dengan tingkat aperture yang berbeda.
Kedua kamera belakang iPhone 7 and 7 Plus punya cara kerja yang beda. Kamera satu bekerja dengan fokus pada obyek, sedang satu lagi akan membuat blur background. Sayangnya, bagian depan iPhone 7 and 7 Plus hanya dilengkapi kamera berukuran 7 MP. Meski sebenarnya besaran piksel ini sudah cukup bisa menangkap gambar dengan jernih. Kamera iPhone 7 and 7 Plus sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization, Autofocus, Phase Detection, Quad-LED, dan Raw.

4. iPhone 6s


Sebelum kehadiran iPhone 7, kamera iPhone 6s dianggap paling mumpuni dalam menghadirkan gambar dengan ketajaman tinggi. Terlepas dari performanya, iPhone 6s tetaplah sebuah ponsel dengan kamera yang sangat impresif. Kamera belakang memiliki resolusi sebesar 12 MP dengan menerapkan sensor buatan Sony. Kamera iPhone 6s merupakan peningkatan besar dari generasi kamera terakhir Apple yang rata-rata hanya menerapkan resolusi sebesar 8 MP.
Kamera iPhone 6s merupakan salah satu pionir dalam hal penerapan teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Untuk menghadirkan gambar yang begitu mendetail, Apple bahkan mengubah algoritma yang digunakan untuk menghitung tingkat warna dengan contrast. Dalam hal ini, Apple bahkan lebih unggul dibanding dengan Samsung karena bisa memberi warna yang terlihat lembut. Harga yang mahal dinilai seimbang dengan hasil yang diberikan oleh iPhone 6s.

5. Huawei P9 dan P9 Plus


Kamera ganda tidak hanya menjadi andalan Apple saja. Dari lini smartphone berbasis android, ada Huawei P9 dan P9 Plus yang juga punya kamera ganda pada bagian belakang. Tiap kamera dibekali 12 MP dengan aperture sebesar f/2.2. Meski sama, kedua kamera ini bekerja secara terpisah. Satu kamera akan menangkap gambar dengan format RGB, sedang kamera lain lebih ke hitam putih. Perpaduan kedua kamera ini menghasikan gambar yang begitu mendetail.
Beberapa fitur dari kamera Huawei P9 dan Huawei P9 Plus seperti Phase Detection, Autofocus, Dual-LED, dan Native Raw Capture. Pada bagian depan, besaran kamera yang ditanam hanya 8 MP.  Sayangnya, kamera Huawei P9 dan P9 Plus tak dilengkapi fitur Image Stabilization sehingga proses pengambilan gambar harus dilakukan dalam keadaan benar-benar tenang. Hape ini cocok bagi yang ingin dapat pengalaman dalam mengolah foto namun dengan budget yang rendah.

6. Huawei Mate 9


Demi mengangkat citranya dalam peta persaingan smartphone dengan kamera terbaik, Huawei kemudian menggandeng Leica untuk mendesain kameranya. Leica merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi kamera. Hasil dari kerja sama ini, Huawei memakai lensa buatan Leica pada Huawei Mate 9. Huawei serius menggarap kamera smartphone dengan menambah dua sensor pada kamera belakang. Satu sensor untuk RGB, dan satu lagi untuk hitam putih.
Dengan dua sensor tersebut, dipastikan hasil jepretan foto dari Huawei Mate 9 akan semakin jernih sehingga bisa menghasilkan efek bokeh. Salah satu kekurangan hanya pada kecepatan autofocus yang terbilang rendah. Meski demikian, ponsel Huawei Mate 9 dianggap sebagai salah satu handset yang harus dimiliki. Performa yang ditawarkan dari kamera dinilai sebanding dengan harga yang terjangkau, bahkan di bawah Galaxy S7 dan iPhone 6s.

7. LG G5


Pilihan smartphone dengan kamera ganda akan semakin meriah dengan hadirnya LG G5 dalam pasar. Ponsel modular LG ini menerapkan kamera belakang yang tidak sama persis, satu dibekali 16 MP untuk mengambil obyek jauh, dan satu lagi hanya 8 MP untuk mengambil wide-angled. Pada kamera depan LG G5 dibekali kamera dengan resolusi 8 MP. Dengan implementasi seperti ini, LG mencoba menghadirkan sesuatu yang beda dalam menggunakan kamera.
LG G5 sudah dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization yang beguna untuk mengambil gambar obyek yang cepat. Beberapa teknologi lain yang diterapkan pada kamera LG G5 seperti Laser Autofocus, LED Flash, dan Native Raw Capture. Teknologi ini memberi kemampuan lebih ketika memotret objek dalam keadaan minim cahaya. Bahkan kemampuannya dalam mengambil gambar saat kondisi gelap bisa disandingkan dengan duo flagship dari Samsung.

No comments:

Post a Comment